Sabtu, 03 September 2011

Analisis Promotion Mix Suatu Brand

Sebelum kita mulai menganalisis promotin mix dari suatu brand, kita harus tau dulu point-point apa saja yang harus diperhatikan. 

Menurut Kotler (2005: 264-312) ada 5 perangkat utama dalam unsur bauran promosi (promotion mix), yaitu :
1. Advertising merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar
2. Public relation/Publicity merupakan berbagai program untuk mempromosikan dan melindungi citra perusahaan atau produk individualnya
3. Sales promotion merupakan berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa
4. Personal selling adalah interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan
5. Direct marketing yaitu penggunaan surat, telepon, fax, email dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan


Setelah kita tahu point-point apa saja yang menjadi acuan untuk melakukan analasis, sekarang langsung saja kita melakukan analisis dari suatu brand. Di sini saya memilih "AXE".

Axe Body Spray

Produk Axe diluncurkan untuk pertamakalinya pada tahun 1983 di Prancis. Sebagaimana yang dinyatakan oleh jutaan pria Prancis, merek Axe begitu terkenal sehingga dalam waktu tidak terlalu lama merek tersebut sudah dikenal di negara-negara lain, dan sekarang telah menikmati kemasyhurannya selama lebih dari dua dasawarsa. Dewasa ini Axe dapat dengan mudah ditemui di lebih dari 60 negara dan telah menjadi deodoran nomor satu di pasar Eropa dan Amerika Latin, dan sudah dikenal di Amerika Serikat (dikenal sebagaiLynx) dan Asia. Di Indonesia, produk Axe menjadi produk terkemuka dalam segmen deodoran pria.
  • Catatan reputasi yang membanggakan dengan meraih sejumlah penghargaan adi pariwara, termasuk Cannes Lions.
  • Gagasan aktivasi kreatif, karena team Axe telah berhasil membawa efek produk Axe ke kota-kota di Indonesia.
  • Merek perawatan pria paling terkenal di dunia.


Pertama-tama mari kita analisis Advertising/Promotion dari axe ini.Dalam hal promotion/advertising, Axe banyak menampilkan iklan melalui media cetak atau elektronik. Selain itu Axe juga tidak jarang menjadi sponsor-sponsor dari event-event yang diselenggarakan untuk para pria seperti dalam bidang olahraga, entertainment, otomotif dan lain-lain. Axe selalu meluncurkan iklan dengan ide-ide yang segar, unik,dan menghibur. Iklan terakhir yang diluncurkan Axe adalah seorang pria dengan badan kerempeng sedang bermain hulahoop di depan seorang wanita, di iklan tersebut disebutkan harga axe sama dengan harga hulahoop tetapi axe lebih dasyat. Serta disebutkan sebuah slogan "Bau badan hilang,cewek datang lagi datang lagi". Di iklan tersebut pun bintang iklan dan tempatnya berada diluar negeri sehingga mengesankan axe produk yang membooming di lingkup internasional dan memberi kesan axe merupakan produk yang bergengsi untuk digunakan.


Kedua,kita akan analisis  Public Relation/Publicity yang dilakukan Axe
Axe banyak sekali mengadakan event-event yang berupa hiburan atau party, salah satu contohnya adalah pada awal Juli 2008 axe mengadakan "The Arrival of New Axe"  di bundaran HI, untuk menggambarkan sekelompok wanita yang mendemokan hadirnya varian produk tersebut : Axe Effect. Pada waktu itu digambarkan sekelompok wanita yang benar-benar kehilangan akal sehat karna mencium harumnya pria yang memakai body spray axe. Di akhir acara, para pria yang dijadika sample ditanyaiapakah pernah memakai produk axe dan memberikan kesan setelah memakainya.Dari situ dapat kita lihat PR efektif memantau sikap pelanggan dan kelompok lain yang memiliki kepentingan atau potensial.

Ketiga, kita melakukan analisis Sales Promotion

Axe disetiap event-eventnya selalu menghadirkan  Sales Promotion Girls (SPG). Sales Promotion Girl adalah suatu profesi yang bergerak dalam pemasaran atau promosi suatu produk. Profesi ini biasanya menggunakan wanita yang mempunyai karakter fisik yang menarik sebagai usaha untuk menarik perhatian konsumen. SPG  yang direkrut oleh axe ini selalu mempunyai penampilan yang menarik sehingga dapat menarik perhatian para pria yang akan menjadi target pemasaran axe tersebut. Dan juga axe menghadirkan sexy dancer di event-event yang diselenggarakan, tujuannya agar lebih banyak menarik simpati para pria untuk menjadi konsumen axe ini.

Keempat, kita membahas Personal Selling dari Axe
Setiap ada produk baru dari axe yang diluncurkan, axe selalu mengadakan meet n greet kepada para pengguna setia axe selama ini. Dalam meet n greet itu dihadirkan para icon axe pada saat itu contohnya asmirandah dan ringgo. Di acara tersebut diadakan sesi tanya jawab langsung dan promosi tentang produk axe yang terbaru.

Asmirandah promosi Axe

Meet n greet Axe saat meluncurkan produk terbaru

Terakhir, kita akan analisis tentang Direct Marketing dari Axe
Axe adalah produk dibawah naungan Unilever maka dari itu bila ada pertanyaan,saran atau keluhan dari konsumen atau bahkan mencari tahu segala sesuatu tentang axe bisa mengunjungi website www.unilever.co.id  dan menhubungi suara konsumen unilever 
Phone: 0-800-155-8000  atau +62 21 529 952 99 
Fax.   : +62 21 525 2602
Email : suara.konsumen@unilever.com









Tidak ada komentar:

Posting Komentar