Sabtu, 05 November 2011

GCM AP3D (Game Console Mobile Indonesia)


PEMBERIAN MERK
Produk ini diberi merk GCM AP3D,produk ini buatan lokal tetapi pemberian merk diadopsi dari merk-merk Game Console Mobile buatan jepang yang bermain dengan huruf-huruf yang berupa singkatan dengan suatu maksud tertentu, mengapa diadopsi dari merk jepang? agar lebih mudah diterima masyarakat umumnya dan tidak terlalu asing didengar oleh telinga masyarakat. Pemberian merk untuk produk ini dipertimbangkan dari keunggulan produk itu sendiri dan fasilitas yang ada di dalamnya. GCM adalah singkatan dari Game Console Mobile itu sendiri. AP singkatan dari Acces Point yang artinya perangkat jaringan wireless yang menghubungkan client wireless, karena game console mobile ini mempunyai kemampuan online jaringan secara wireless, sehingga dapat memberikan tantangan lebih kepada penggunanya. Di merk tersebut juga dicantumkan 3D (3 Dimensi) karena di Game Console Mobile ini terdapat 38 game buatan lokal yang berbasis 3D.

SEGMENTASI
GCM AP3D ini disegmentasi untuk para pelajar dan mahasiswa pria maupun wanita yang berada di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dll dan untuk kalangan menengah sampai menengah ke atas karena harga dari GCM AP3D ini hanya Rp 799.999,- sangatlah terjangkau dibanding merk–merk lain, tetapi secara kualitas dan fasilitas dapat diperhitungkan. GCM AP3D ini untuk para kalangan yang ekstrovert maupun introvert, cocok untuk kalangan yang suka mencoba dan tidak takut menghadapi hal-hal baru di lingkungan luar, pergaulan luas dan suka akan tantangan, tetapi juga cocok untuk kalangan introvert yang malas untuk keluar rumah dan hanya ingin menghabiskan waktu di dalam rumah/kamar, GCM AP3D ini sangat cocok untuk menemani mereka yang introvert untuk menghabiskan waktunya dan dapat menghilangkan rasa bosan.

TARGETING
                GCM AP3D ini ditargetkan untuk para gamers sejati,untuk orang-orang yang suka bermain game dan gemar mengisi waktu luang dengan bermain game.

POSITIONING
GCM AP3D melakukan positioning ke benak para calon konsumennya  dengan cara menjadikan salah satu tokoh game yang sedang digemari para gamer sebagai brand ambassador dari GCM AP3D ini. Di setiap marketing yang dilakukan selalu mencantumkan brand ambassador tersebut, baik itu di iklan melalui berbagai media atau pun di packagingnya.  Dan juga tampilan fisik dari GCM AP3D ini menggunakan motif-motif batik sebagai tanda bahwa produk ini adalah produk lokal asli buatan Indonesia. Tetapi produk ini tetap di desain se-modern mungkin sehingga cocok untuk kalangan muda. Hal itulah yang akan membedakan produk ini dengan merk-merk lain.




BRAND EQUITY

Brand equity dari GCM AP3D sebagai berikut

Di lihat dari sisi Leadership, GCM AP3D ini adalah game console mobile yang unik berbeda dengan yang lain dan inovatif, mempunyai desain yang berbeda dari game console mobile yang lainnya, dengan menggunakan motif batik sehingga orang tahu bahwa produk ini adalah produk lokal buatan Indonesia. Dan dengan game 3D yang dapat dimainkan menggunakan jaringan online wireless akan membuat permainan semakin seru. Ditambah dengan harga yang terjangkau, GSM AP3D ini akan menjadi pilihan masyarakat luas.

Dari sisi Stability, GCM AP3D ini mempunyai banyak game berbasis 3D yang akan membuat para gamer  dapat merasakan lebih menyatu dengan permainan yang sedang dimainkan dan juga dengan ada fasilitas jaringan online wireless sehingga kita bisa bermain game secara battle dengan pengguna GCM AP3D lainnya, sehingga akan membuat para gamer lebih tertantang dan game akan terasa lebih seru.

Dari sisi Market, GCM AP3D ini akan menjadi game console yang akan di cari oleh masyrakat banyak dikarenakan harganya yang terjangkau dan memiliki kualitas tidak kalah dengan game console buatan Jepang sehingga akan sangat menguntung bagi para toko/distributor.

Dari sisi Internationality, GCM AP3D ini akan menjadi merk yang diperhitungkan di kalangan dunia walaupun produk lokal buatan Indonesia tetapi kualitas dan fasilitas yang disediakan bersaing dengan game console Jepang sehingga akan mudah diterima di kalangan internasional, dan dengan desain yang menggunakan salah satu budaya nusantara pasti akan menjadi sesuatu yang unik di kanca internasional sehingga banyak yang ingin memilikinya.

Di tinjau dari sisi Trend, GCM AP3D ini akan menjadi merk bergengsi, seiring berjalannya waktu akan selalu memaksimalkan kualitas dan fasilitas yang ada di dalamnya serta akan selalu melakukan inovasi-inovasi yang akan membuat merk ini semakin menjadi yang paling unggul dan bisa mengalah merk-merk game console Jepang.

Dari sisi Support, GCM AP3D ini sangat gencar dalam promosinya terutama melalui media visual seperti melalui iklan di televisi ataupun media cetak, poster, dan memanfaat kemajuan teknologi internet seperti website dan jejaring sosial yang cocok untuk ajang promosi.

Dari sisi Protection, GCM AP3D ini adalah merk yang legal bukan ilegal, mempunyai perizinan yang syah sebelum dipasarkan di masyarakat luas, dari segi merk, desain, dan sudah 100% terbukti produk lokal asli Indonesia, bukan replika dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar